• Redaksi
  • Index Berita
  • Privacy Policy
Kamis, Juni 19, 2025
Jenggala.id
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik
No Result
View All Result
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik
No Result
View All Result
Jenggala.id
No Result
View All Result
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik

Beranda » Teknologi » Ini 7 Tanda Perusahaan Anda Wajib Menggunakan Aplikasi CRM

Ini 7 Tanda Perusahaan Anda Wajib Menggunakan Aplikasi CRM

2024/07/16 09:48:02
in Teknologi
PT Pigeon Indonesia Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Jika perusahaan Anda tidak segera menggunakan CRM, bisnis Anda akan lebih mudah tersaingi oleh kompetitor yang sudah lebih dulu menggunakannya.

Aplikasi CRM cocok digunakan oleh semua jenis perusahaan, mulai dari UMKM, startup hingga perusahaan besar dan pemerintahan. Bisnis yang memiliki tim sales, layanan pelanggan, atau sering berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi akan sangat diuntungkan dengan implementasi CRM. Selain itu, perusahaan yang memiliki data pelanggan yang besar juga akan merasakan manfaat dari penggunaan CRM yang dapat lebih mudah mengelola informasi pelanggan.

Perusahaan yang belum mengadopsi CRM atau belum memanfaatkannya secara optimal berisiko tertinggal oleh kompetitor yang telah melakukannya lebih dulu. Hal ini bisa mengakibatkan kesulitan dalam melacak riwayat komunikasi dengan pelanggan, kehilangan peluang penjualan, dan pengelolaan data yang tidak efisien, yang semuanya dapat menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Berikut adalah 7 tanda bahwa perusahaan Anda wajib menggunakan aplikasi CRM:

7 Tanda Perusahaan Harus Menggunakan Aplikasi CRM

Berikut adalah tanda perusahaan harus menggunakan aplikasi CRM.

BeritaTerkait

Komitmen Majukan Pariwisata, ecommerceloka Raih Penghargaan Bergengsi “Top Engagement Chain 2025” di Shanghai

Pasca Penandatanganan MRA, CarbonEthics Tegaskan Pentingnya Kredit Karbon Berkualitas Tinggi di Indonesia

1. Data Pelanggan Tersebar di Berbagai Tempat

Jika saat ini data pelanggan Anda tersebar di berbagai tempat dan kesulitan untuk mengakses informasi pelanggan secara cepat dan efisien, itu tandanya Anda butuh CRM. Dengan CRM, Anda bisa mengintegrasikan semua data pelanggan ke dalam satu sistem terpusat sehingga memudahkan akses dan pengelolaan data.

2. Kesulitan Memantau Proses Penjualan

Informasi mengenai prospek, penawaran, dan status penjualan yang tersebar di banyak dokumen dapat mempersulit analisis dan pengambilan keputusan manajemen. Jadi, Anda perlu sistem yang bisa memantau seluruh proses penjualan secara real-time dan membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan data seperti CRM.

3. Kesulitan Memahami Kebutuhan Pelanggan

Data yang tersebar di berbagai tempat membuat Anda sulit untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan melihat riwayat interaksi. Inilah menjadi salah satu tanda Anda butuh CRM. Dengan CRM, Anda bisa mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka dan melakukan promosi yang lebih tepat sasaran.

4. Kesulitan Koordinasi Antar Tim

Tanda selanjutnya, sulitnya komunikasi antar tim yang membuat mereka salah informasi dan sulit mencari data yang benar artinya sudah saat Anda menggunakan CRM. Dengan CRM, Anda bisa meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar tim melalui akses informasi yang terpusat dan real-time.

5. Sulit Menilai Kinerja Staf

Sulitnya mendapatkan informasi dan memonitor aktivitas staf akan membuat evaluasi kinerja atau KPI tidak akurat. Solusinya, Anda bisa menggunakan CRM untuk memonitor pencapaian tiap staf, target penjualan yang tercapai, dan tingkat kepuasan pelanggan yang dilayani oleh masing-masing staf secara real-time dan akurat.

6. Banyak Kehilangan Pelanggan

Tanpa pemahaman yang detail tentang keinginan dan kebutuhan pelanggan, Anda lebih berpotensi kehilangan pelanggan. Penggunaan CRM dapat membantu Anda untuk melihat riwayat interaksi pelanggan, informasi pelanggan, hingga mengetahui kebutuhan mereka serta meningkatkan makin cepat dalam melakukan layanan pelanggan.

7. Layanan Pelanggan yang Tidak Konsisten

Tanpa adanya sistem untuk mencatat dan mengakses riwayat interaksi dengan pelanggan, layanan sering kali tidak seragam. CRM membantu menciptakan layanan yang konsisten dengan menyediakan catatan lengkap yang dapat diakses oleh seluruh tim. Hal ini akan meningkatkan kepuasan dan pandangan positif pelanggan terhadap perusahaan Anda.

Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM Untuk Perusahaan

Aplikasi CRM menawarkan banyak manfaat penting bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pengelolaan Data Pelanggan yang Lebih Efisien

Anda dapat mengumpulkan dan menyimpan semua data pelanggan dalam satu tempat yang terpusat. Ini memudahkan Anda untuk mengakses informasi penting kapan saja dibutuhkan, membuat analisis yang lebih akurat, dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan layanan. Data pelanggan yang terstruktur pun membantu Anda memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

2. Mempermudah Kolaborasi Antar Tim

Semua anggota tim Anda dapat mengakses informasi yang sama secara real-time, memudahkan mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini meningkatkan efisiensi kerja dan memastikan bahwa semua tim berada di jalur yang sama.

3. Mempermudah Pemantauan di Level Manajemen

Sebagai manajer atau pemilik bisnis, Anda dapat memantau kinerja tim dan operasi bisnis dengan lebih mudah melalui aplikasi CRM. Anda bisa melihat data penjualan, laporan kinerja, dan metrik penting lainnya dalam satu dashboard. Dengan begitu, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan tepat, serta melakukan perubahan yang diperlukan.

4. Meningkatkan Pengalaman dan Kepuasan Pelanggan

Dengan memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan dari data yang terkumpul, Anda bisa memberikan layanan yang lebih personal dan sesuai dengan ekspektasi mereka. Hal ini membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan dipahami, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan dan loyalitas mereka.

5. Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan

Otomatisasi tugas dan analisis data real-time akan mengoptimalkan proses bisnis Anda. Ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga membantu Anda mencapai target penjualan dengan lebih efektif dan merespons peluang pasar dengan lebih cepat.

Page 1 of 3
123Next
ShareTweetShareSend

BeritaLainnya

Komitmen Majukan Pariwisata, ecommerceloka Raih Penghargaan Bergengsi “Top Engagement Chain 2025” di Shanghai

Komitmen Majukan Pariwisata, ecommerceloka Raih Penghargaan Bergengsi “Top Engagement Chain 2025” di Shanghai

Juni 18, 2025
1
Pasca Penandatanganan MRA, CarbonEthics Tegaskan Pentingnya Kredit Karbon Berkualitas Tinggi di Indonesia

Pasca Penandatanganan MRA, CarbonEthics Tegaskan Pentingnya Kredit Karbon Berkualitas Tinggi di Indonesia

Juni 18, 2025
2
Legal Tech yang Tumbuh Bersama Para Lawyer: Menyambut Rilis Terbaru Legal Plus

Legal Tech yang Tumbuh Bersama Para Lawyer: Menyambut Rilis Terbaru Legal Plus

Juni 18, 2025
2
Liberta Malioboro: Memperluas Liberta Experience di Dunia Perhotelan yang Berkembang Pesat di Yogyakarta

Liberta Malioboro: Memperluas Liberta Experience di Dunia Perhotelan yang Berkembang Pesat di Yogyakarta

Juni 18, 2025
1
Uji Coba Rangkaian TS 20, LRT Jabodebek Siapkan Peningkatan Layanan untuk Pengguna di Bulan Juli

Tetap Tenang di Akhir Bulan: Tips Keuangan Walau Belum Gajian

Juni 17, 2025
2
Uji Coba Rangkaian TS 20, LRT Jabodebek Siapkan Peningkatan Layanan untuk Pengguna di Bulan Juli

Uji Coba Rangkaian TS 20, LRT Jabodebek Siapkan Peningkatan Layanan untuk Pengguna di Bulan Juli

Juni 16, 2025
2
Pagi yang Sepi? Muslim Ai Bisa Jadi Teman Awal Harimu

Pagi yang Sepi? Muslim Ai Bisa Jadi Teman Awal Harimu

Juni 16, 2025
1
Bitcoin Melonjak ke $150K? Peluang dan Risiko yang Perlu Diketahui Tahun Ini!

Bitcoin Melonjak ke $150K? Peluang dan Risiko yang Perlu Diketahui Tahun Ini!

Juni 16, 2025
1
Next Post
Nikmati Kemudahan Pantau Sales Lapangan Dengan Barantum CRM Canvassing

Nikmati Kemudahan Pantau Sales Lapangan Dengan Barantum CRM Canvassing

RSS Berita Terkini

  • Prakiraan Cuaca 19 Juni: Waspadai Hujan Petir di Sejumlah Wilayah
  • Piala Dunia Klub 2025: Nazar Eks AC Milan Jika Juventus Angkat Trofi

Recommended

Presiden RI Tetapkan 1 Maret Sebagai Hari Bersejarah, Berikut Ulasannya

Presiden RI Tetapkan 1 Maret Sebagai Hari Bersejarah, Berikut Ulasannya

Maret 1, 2022
6
Puan Maharani Tunggu Keputusan Nasib Gibran Rakabuming Raka di PDIP

Puan Maharani Tunggu Keputusan Nasib Gibran Rakabuming Raka di PDIP

Oktober 22, 2023
2
TP-Link Hadirkan Router 4G LTE dengan Sertifikasi TKDN untuk Perluas Konektivitas Nasional

TP-Link Hadirkan Router 4G LTE dengan Sertifikasi TKDN untuk Perluas Konektivitas Nasional

November 5, 2024
1
Berikut, Ramalan Jodoh dan Rejeki Selasa Pahing 31 Januari 2023

Keistimewaan Weton Minggu Kliwon 5 Maret 2023

Maret 5, 2023
35
Jenggala.id

JL. Maleer V No. 330A/118 Kota Bandung, 40275

022.7351-7023 – 0811.2334.669
redaksi.jenggala@gmail.com

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Karir
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Index Berita
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik

© 2023 Jenggala - Design by MFC.Team.