Jakarta, Indonesia – 25 Juni 2024
Penjualan produk perawatan wajah di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Dengan peningkatan pendapatan 20% dibandingkan tahun 2022, pasar ini diproyeksikan mencapai USD 2,7 miliar pada tahun 2024. Hal ini didukung oleh 87,3% konsumen wanita yang menggunakan tabir surya setiap hari. Konsumsi ini menyebabkan lonjakan pembelian sebesar 2,8 juta produk dibandingkan tahun 2022. Platform e-commerce berperan besar dalam peningkatan penjualan tabir surya ini.
Pasar Tabir Surya
Menurut Magpie E-commerce Intelligence, pada Q1 2024, pasar tabir surya mencapai GMV IDR 318,04 miliar dengan total penjualan 6,3 juta produk di Shopee, Lazada, dan Tokopedia. “Periode kuartal pertama untuk kategori perawatan wajah, khususnya tabir surya, mengalami penurunan 14,2% dibandingkan kuartal keempat 2023 yang menghasilkan IDR 370,29 miliar. Meskipun demikian, GMV yang dihasilkan pasar tabir surya selama periode ini meningkat secara konsisten dari bulan ke bulan (MoM),” ujar Wilhendra Akmam, CEO Magpie.