Inilah sebabnya mengapa para insinyur dan pengendara mulai meningkatkan pengetahuan terhadap permukaan lintasan untuk melaju lebih cepat.
“Ban dan manajemen ban adalah kunci performa balapan yang bagus,” kata Jarno Zaffelli, pendiri Dromo, yang merancang dan menganalisa aspal sirkuit Silverstone, Termas de Rio Hondo, Sepang, dan Misano,” ucapnya.
“Tim F1 mengukur cengkeraman secara optik atau elektronik, lalu kami membantu mereka memahami apa yang penting dan apa yang tidak.” Ujarnya.
“Di F1 mereka menghabiskan jutaan untuk ini, tapi di MotoGP mereka masih belum benar-benar melakukan ini, setidaknya tidak semua tim. Yang pasti kecocokan antara ban dan aspal adalah hubungan yang penting untuk dipahami oleh pembalap dan tim.” Ungkapnya.
Dromo telah bekerja untuk beberapa tim pabrikan di acara MotoGP dan ada sedikit keraguan bahwa keahliannya akan lebih diminati saat balapan semakin dekat.