• Redaksi
  • Index Berita
  • Privacy Policy
Sabtu, Agustus 16, 2025
Jenggala.id
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik
No Result
View All Result
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik
No Result
View All Result
Jenggala.id
No Result
View All Result
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik

Beranda » Teknologi » Kapan Bisnis Perlu Menggunakan Sistem CRM?

Kapan Bisnis Perlu Menggunakan Sistem CRM?

2025/02/28 00:18:25
in Teknologi
Kapan Bisnis Perlu Menggunakan Sistem CRM?

CRM tidak hanya berfungsi sebagai alat penyimpanan data pelanggan, tetapi juga sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat konversi penjualan, serta menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Penggunaan CRM sangat penting karena membantu bisnis dalam mengelola dan menyimpan data pelanggan secara terpusat sehingga dapat meningkatkan efisiensi tim penjualan dengan otomasi proses. Selain itu tampilan dan laporan analitik yang dapat diakses secara real-time juga dapat membantu menganalisis perilaku pelanggan untuk strategi pemasaran yang lebih efektif.

Kapan Bisnis Perlu Menggunakan Sistem CRM?

Tidak semua bisnis harus langsung memerlukan CRM sejak awal berdiri. Namun, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sudah saatnya bisnis Anda mulai mengadopsi sistem CRM:

BeritaTerkait

Dominasi Bitcoin Terancam? Co-Founder ETH Punya Prediksi Berani

Revitalisasi Bendungan Sermo: Dukung Irigasi Pertanian dI Jogjakarta

1. Jumlah pelanggan semakin banyak

Ketika bisnis mulai berkembang dan jumlah pelanggan bertambah, mengelola data pelanggan secara manual menjadi sulit. CRM membantu mengorganisir data pelanggan dengan lebih sistematis.

2. Kesulitan dalam melacak interaksi pelanggan

Jika bisnis mengalami kesulitan dalam mengingat riwayat komunikasi dengan pelanggan atau sering kehilangan informasi penting, CRM menjadi solusi untuk menyimpan dan mengakses data dengan cepat.

3. Tim sales dan customer service mengalami kendala dalam koordinasi

CRM mempermudah kolaborasi antar tim dengan menyediakan data pelanggan yang bisa diakses bersama, sehingga meningkatkan efisiensi kerja dan koordinasi. Fitur manajemen pipeline akan memudahkan untuk mengatur proses ini.

4. Kesulitan dalam menganalisis data pelanggan

Tanpa sistem yang terorganisir, bisnis akan sulit memahami pola pembelian, kebutuhan pelanggan, dan tren pasar. CRM menyediakan fitur analitik yang membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

5. Banyak prospek yang tidak ditindaklanjuti

Jika banyak prospek yang tidak dikonversi menjadi pelanggan karena proses tindak lanjut yang tidak efektif, CRM dapat membantu mengotomatiskan pengingat dan tugas untuk meningkatkan peluang konversi.

Peran CRM dalam Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Menggunakan CRM bukan hanya tentang mengelola pelanggan, tetapi juga tentang meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan. Peran CRM dalam bisnis juga dapat:

Page 2 of 4
Prev1234Next
ShareTweetShareSend

BeritaLainnya

Dominasi Bitcoin Terancam? Co-Founder ETH Punya Prediksi Berani

Dominasi Bitcoin Terancam? Co-Founder ETH Punya Prediksi Berani

Agustus 15, 2025
1
Revitalisasi Bendungan Sermo: Dukung Irigasi Pertanian dI Jogjakarta

Revitalisasi Bendungan Sermo: Dukung Irigasi Pertanian dI Jogjakarta

Agustus 15, 2025
1
Lintasarta Torehkan Capaian Strategis di Semester Pertama 2025: Mendorong Kedaulatan Digital Lewat AI Merdeka

Lintasarta Torehkan Capaian Strategis di Semester Pertama 2025: Mendorong Kedaulatan Digital Lewat AI Merdeka

Agustus 13, 2025
2
Lintasarta Torehkan Capaian Strategis di Semester Pertama 2025: Mendorong Kedaulatan Digital Lewat AI Merdeka

OCBC Syariah Hadirkan Program AMAL meNYALA di Cianjur

Agustus 13, 2025
2
MIND ID Optimalkan Peran Mineral Kritis, Dukung Industri Baterai EV Nasional

Hari Hutan Indonesia 2025: Krisis Iklim, Banjir Rob, dan Hutan yang Kian Menghilang

Agustus 12, 2025
2
Pastikan Dampak Hilirisasi, MIND ID Perkuat SDM Daerah Lebih Unggul

Pastikan Dampak Hilirisasi, MIND ID Perkuat SDM Daerah Lebih Unggul

Agustus 12, 2025
4
MIND ID Optimalkan Peran Mineral Kritis, Dukung Industri Baterai EV Nasional

MIND ID Optimalkan Peran Mineral Kritis, Dukung Industri Baterai EV Nasional

Agustus 11, 2025
4
Komitmen Wujudkan Lingkungan Kerja Sehat, KAI Logistik Raih Indonesia Best Workplace Awards 2025

KAI Logistik Sabet Penghargaan Radar Surabaya Award 2025 Sebagai Penyedia Layanan Logistik Terpercaya

Agustus 10, 2025
1
Next Post
Pihak PT MPB dan Masyarakat Karawang Bersatu saat beraudiensi di Komisi IV DPRD Jabar, Kamis 27/02/2025.

PT MPB Berstatus UKMM, MKB Menilai Sebagai Upaya Manipulasi Izin

RSS Berita Terkini

  • Momen Keakraban Prabowo Usai Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR-RI
  • Hari Jadi Kabupaten Bekasi, DPRD Jabar Christin Novalia Ajak Masyarakat Kolaborasi Bangun Daerah

Recommended

Uang Rupiah TE 2022 Dinyatakan Sebagai Uang Kertas Terbaik di Dunia

Kurs Rupiah Menguat karena Data Inflasi AS Tumbuh Lebih Cepat

Oktober 13, 2023
2
Tayangnya Drama Korea Baru Our Blooming Youth

Tayangnya Drama Korea Baru Our Blooming Youth

Februari 7, 2023
3
Dosen FMIPA UI Sarankan Tanam Pohon Hias untuk Atasi Cuaca Ekstrem

Dosen FMIPA UI Sarankan Tanam Pohon Hias untuk Atasi Cuaca Ekstrem

Oktober 28, 2023
1
Pertamina Ungkap Punya Temuan Baru Kasus Air Sumur yang Tercemar di Kabupaten Bogor

Pertamina Ungkap Punya Temuan Baru Kasus Air Sumur yang Tercemar di Kabupaten Bogor

September 14, 2023
2
Jenggala.id

JL. Maleer V No. 330A/118 Kota Bandung, 40275

022.7351-7023 – 0811.2334.669
redaksi.jenggala@gmail.com

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Karir
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Index Berita
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Teknologi
  • Lokalistik

© 2023 Jenggala - Design by MFC.Team.