Baca juga : Pemanfaatan Teknologi Pertanian untuk Optimalisasi Produktivitas
Namun, yang membuat penelitian ini semakin menarik adalah metode istirahat yang digunakan oleh peserta. Beberapa mahasiswa memilih untuk beristirahat dengan cara yang tidak terstruktur, sementara yang lain diberikan kesempatan untuk menonton video alam yang menenangkan.
Ternyata, kedua kelompok ini menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan pada tantangan kedua dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang tidak beristirahat.
Associate Professor di bidang Psikologi Pendidikan, Paul Ginns, yang memimpin penelitian ini, berbagi pandangannya tentang temuan ini.
Baca juga : Istri Gubernur Jabar Isi Liburan Di Pal 16 Cikole Lembang
“Peningkatan substansial yang diperoleh melalui ‘istirahat otak’ yang memulihkan perhatian dapat diterapkan di lingkungan kantor seperti halnya di ruang kelas. Meskipun penelitian ini dilakukan pada mahasiswa, saya cukup yakin bahwa hasilnya dapat diterapkan pada orang yang lebih muda dan orang yang lebih tua,” katanya.