Pembagian per E-commerce
Wilhendra juga menyebutkan, “Shopee mendominasi pasar e-commerce dari Januari hingga Maret 2024 dengan pangsa pasar 74,9%. Lazada berada di posisi kedua dengan 16,2%, diikuti Tokopedia dengan 8,9%.” Lazada mencatat pertumbuhan signifikan dari kuartal 4 2023 ke kuartal 1 2024 dengan peningkatan GMV sebesar 90,3%. Sementara itu, Shopee mengalami penurunan sebesar 25,2%.
Pembagian per Brand
Pasar tabir surya di e-commerce didominasi oleh merek lokal. “Azarine memimpin dengan pangsa pasar 14,3%, diikuti Facetology dengan 12,3%, dan Skin Aqua dengan 8,3% dari total penjualan tabir surya,” ujar Wilhendra.
Produk Tabir Surya Terlaris di E-commerce
Azarine menjadi produk terlaris di Shopee dengan GMV IDR 22,14 miliar dan penjualan 438,9 ribu produk pada Q1 2024. Azarine juga memimpin penjualan di Tokopedia dengan GMV IDR 1,81 miliar dan penjualan 30,7 ribu produk. Madame Gie mencatat penjualan tertinggi di Lazada dengan 90,6 ribu produk terjual pada Q1 2024.