Hal itu terungkap pada hasil riset terbaru dari Hypefast berjudul “ThinkWithHypefast” pada bulan September 2024. Sebagai informasi, Hypefast merupakan house of brand berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Melalui riset yang dilakukannya, Hypefast berupaya menyoroti soal preferensi konsumen dalam memilih local brand serta tantangan yang dihadapi local brands.
Hypefast menemukan bahwa 90% responden telah berbelanja local brand pada 3 bulan terakhir. Pada saat bersamaan, 70% responden mengaku secara aktif mencari local brand ketika melakukan pembelian dengan 20% selalu memilih local brand, sementara sisanya masih mempertimbangkan local brand.
Preferensi Konsumen dalam Memilih Local Brand
Berdasarkan kategori produk, fashion menjadi yang paling populer lantaran dicari oleh 90% responden. Peringkat kedua ditempati produk kecantikan seperti perawatan kulit dan kecantikan; disusul produk alas kaki pada peringkat ketiga dengan masing-masing sebanyak 60% dan 50% responden.